Bayar Premi Asuransi 10 Tahun, Ketahui Beberapa Hal Ini.

Ketika bertemu calon nasabah sering kali ada permintaan “Saya mau bayar premi 10 tahun saja ya”, Ada juga teman yang sudah bergabung dengan Asuransi lain menanyakan ke saya perihal saldo unitlinknya yang makin lama makin berkurang padahal dia sudah bayar rutin premi selama 10 tahun, dulu kata agennya bayar premi 10 tahun aja tapi kok lama lama abis saldo unitlinknya?? Mengapa demikian??

inilah yang namanya Mis Selling. Mis Selling adalah kondisi dimana agen asuransi yang tidak paham secara menyeluruh atas produk yang dijualnya atau agen memiliki motivasi yang berorientasi terhadap penjualan sehingga kurang transparan dalam menjelaskan produk yang dijualnya.

Bisakah asuransi dibayar dalam 10 tahun? Jawabannya bisa, tapi penjelasan berkaitan dengan kelangsungan Polis setelah premi tidak disetor lagi harus dijelaskan kepada Calon Nasabah. Berikut penjelasannya.

Ketika seseorang membeli Polis Asuransi orang tersebut membeli jasa dari Perusahaan Asuransi tersebut. Manfaat Asuransi yang dibeli oleh Nasabah harus dibayar Biaya Asuransinya selama manfaat tersebut dinikmati oleh Nasabah. Jadi Polis Asuransi itu bukan sesuatu yang gratis ya, jika mau di cover sampai usia 80 tahun ya Biaya Asuransi tetap harus dibayar sampai usia 80 tahun, semoga sampai sini bisa dipahami yaa.

Apa sih Biaya Asuransi itu? Sama gak dengan premi Asuransi?? Jawabannya Beda.

Sebelum kita bahas lebih lanjut berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa itu Premi Asuransi, Biaya Asuransi dan juga Cuti Premi. Ketiga hal ini bisa membantu Anda memiliki pemahaman yang baik dalam membeli Asuransi Unitlink.

Premi Asuransi adalah Premi adalah sejumlah pembayaran yang tercantum dalam polis yang disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Biaya Asuransi adalah Biaya yang timbul dan ditagihkan setiap bulan atas manfaat yang diambil oleh peserta asuransi. Biaya Asuransi jarang diketahui oleh nasabah, biasanya nasabah hanya familiar dengan Premi Asuransi saja padahal ini salah satu hal yang penting dalam dunia Asuransi. Taukah Anda bahwa Biaya Asuransi itu naik setiap tahun? Hal inilah yg menyebabkan semakin tua usia nasabah maka preminya akan semakin mahal.

Cuti Premi adalah fasilitas di mana pemegang polis diperbolehkan tidak membayar premi atau berhenti membayar premi dalam jangka waktu tertentu tanpa kehilangan manfaat asuransi.

Ketika Nasabah menginginkan Bayar premi hanya 10 tahun Agen Asuransi harus bisa menjelaskan dampaknya yaitu bahwa :

  1. Cuti Premi atau tidak membayar Premi setelah tahun ke 10 mengakibatkan saldo unitlink akan semakin berkurang karena setiap bulan akan didebit Biaya Asuransi dari manfaat yang diambil. Jadi jika premi tidak dibayar lagi semakin lama saldo akan habis dan Polis akan lapse.
  2. Cuti Premi tidak otomatis walaupun proposal sudah dibuat untuk 10 tahun. Cuti premi harus diajukan oleh nasabah kepada Perusahaan Asuransi karena nanti akan dihitung nilai saldo unitlink pada polis tersebut cukup untuk membiayai Biaya Asuransi hingga berapa bulan atau berapa tahun kedepan.

Jika nasabah menginginkan Cuti Premi 10 th dapat dipastikan premi asuransinya pasti akan lebih mahal, mengapa? Hal ini disebabkan karena Biaya asuransi untuk puluhan tahun kedepan diperhitungkan pembayarannya dalam 10 tahun saja

Jadi bagaimana sebaiknya planning dalam membeli sebuah produk Asuransi?

Dalam link berikut saya akan tampilkan proposal asuransi yang dibayar 10 tahun dan proposal yang dibayar setiap bulan, saya akan uraikan penjelasannya sehingga diharapkan calon nasabah mendapat pemahaman yang baik dan dapat menarik kesimpulan sendiri sesuai dengan kebutuhannya.

Salam sehat selalu

Anna Wijayanti

Konsultan Asuransi – PT Allianz Life Indonesia

wa : 087775071705

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: