Dua Pilihan Yang Sulit : Berhitung Premi Asuransi Atau Berhitung di Meja Kasir Rumah Sakit

Di kondisi sekarang ini tidak mudah bagi seseorang untuk memutuskan membeli sebuah Polis Asuransi. Banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi, sehingga Asuransi menjadi bukanlah suatu prioritas.

Hal ini saya alami sendiri, sekarang ini saya masih memiliki Polis Asuransi HSC Plus yaitu Polis yang memiliki perlindungan dengan batas manfaat setiap periode rawat inap, sehingga kelebihan biaya selama periode rawat inap tersebut akan menjadi tanggungan nasabah.

Seperti sebuah insting pada bulan Januari 2022 sebetulnya saya sudah membuat proposal Asuransi yang baru yaitu dengan coverage sesuai tagihan Rumah Sakit. Namun preminya cukup mahal untuk saya dan anak saya, dan selain itu saya harus mempertahankan Polis lama saya yang memiliki manfaat CI dan Uang Pertanggungan.

Menghitung jumlah premi yang harus saya bayar saya mengurungkan dahulu niat saya untuk mengupgrade Polis Asuransi Saya.

Bill Sementara 34 halaman

Namun sangat tidak disangka pada bulan Mei 2022 ini saya harus menjalani operasi berat yaitu Laparatomi Explaratory dengan pemotongan usus dan memakan biaya sangat banyak. Saat mendapat bill sementara cukup membuat saya kaget dengan jumlah 34 halaman dan jumlahnya bisa digunakan untuk membeli sebuah mobil baru.

Menyesal?? ya sangat menyesal di bulan Januari 2022 kemarin saya tidak langsung mengupgrade Polis saya ke Polis yang coverage kesehatannya sesuai tagihan Rumah Sakit. Namun saya masih bersyukur saya masih mendapat penggantian dari Allianz sebesar Rp. 99.020.000.

Akibat dari keadaan ini saya akan susah untuk mengajukan Polis Kesehatan yang baru karena sudah memiliki riwayat kesehatan / pre existing condition.

Tidak mau hal ini terulang kembali pada anak saya maka setelah saya sembuh saya langsung membuatkan Polis Asuransi Kesehatan sesuai tagihan untuk anak saya, karena saya sadar ketika terjadi sesuatu seperti yang saya alami saya tidak akan mampu membayar kelebihan biaya Rumah Sakit.

Saya membuatkan Polis Asuransi Unitlink dengan Rider Hospital & Surgical Care Premier Plus, yaitu perlindungan Asuransi sesuai tagihan dengan wilayah pertanggungan 100% di Indonesia. Bisa juga berobat ke luar negeri namun biayanya akan dihitung prorata sesuai ketentuan yang berlaku di dalam Polis untuk produk tersebut.

Plan Classic ini menurut saya plan dengan perlindungan yang cukup bagus karena biaya rawat inap sudah dicover sesuai tagihan rumah sakit.

Plan Classic ini memiliki manfaat kamar dengan 2 tempat tidur atau batas harga kamar maksimal Rp. 700.000 (mana yang lebih besar).

Bicara mengenai Asuransi pendapat orang mungkin bermacam macam, saya sendiri tipe orang yang tidak akan bisa hidup tenang tanpa memiliki Polis Asuransi. Sedikit berbagi pemikiran mengapa saya berpikir demikian? Saya memperlakukan premi Asuransi sebagai sebuah Biaya Kebutuhan Primer layaknya kita harus makan setiap hari atau ketika kita jalan jalan ke Mall tidak sadar kita bisa menghabiskan uang sekian juta hanya untuk makan atau belanja. Jadi saya memperlakukan premi Asuransi sebagai sebuah Biaya dan tidak memperhitungkan bagaimana nanti kalau saya tidak sakit? atau apakah saya akan rugi karena telah membayar sekian banyak premi Asuransi? Saran saya jangan berpikir demikian karena tidak ada yang tahu kapan musibah akan datang, dan biaya rumah sakit semkin lama semakin mahal dan tidak bisa ditawar. Belilah Polis Asuransi sesuai dengan kebutuhan agar preminya tidak terlalu mahal.

Bagi Anda yang sedang ragu membeli sebuah Polis Asuransi, boleh klik tombol Live Chat di sebelah kanan dan kita bisa berbincang mengenai produk Asuransi apa yang Anda butuhkan.

Terima kasih sudah mampir ke blog saya, semoga cerita ini bermanfaat untuk Anda, salam sehat selalu

Anna Wijayanti

, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: