Operasi Katarak Apakah Dicover Oleh Asuransi Kesehatan Allianz?

Kemarin sore tanggal 31 Mei 2022 sekitar pukul 14.00 ketika saya sedang kontrol buka perban pasca operasi di RS Mayapada Kuningan, nasabah saya menelpon dan menceritakan bahwa Ibunya harus menjalani operasi Katarak. Beliau bertanya apakah opersi Katarak di tanggung oleh Allianz? Produk yang dimiliki oleh Ibunya adalah produk HSC+ yaitu produk yang masih memiliki batasan plafon per periode rawat inap. Beliau menanyakan beberapa hal :

  1. Operasi katarak jika dicover masuk ke dalam kategori pembedahan apa?
  2. Apakah mata kiri dan kanan masuk dalam 1 manfaat saja atau bisa mendapat 2 manfaat?
  3. Apakah operasi Katarak bisa dilakukan secara One Day Care atau tanpa rawat inap?

Jika Anda ingin mengetahui mengenai klaim Operasi Katarak dalam Asuransi Kesehatan Allianz berikut informasi yang dapat Anda ketahui.

Atas beberapa pertanyaan nasabah saya diatas, saya menginformasikan kepada beliau bahwa Operasi Katarak ditanggung oleh Asuransi Kesehatan Allianz, namun karena saya belum pernah ada kasus nasabah operasi katarak maka saya tidak mengetahui operasi ini masuk kategori kecil, sedang atau besar. Namun saya sempat mengecek tabel kategori pembedahan Allianz, bahwa Katarak masuk dalam pembedahan besar/Major

Untuk memastikan kategori pembedahan ini saya menginfokan nasabah saya untuk bertanya kepada Admedika, dan konfirmasi dari Admedika operasi Katarak masuk dalam pembedahan sedang atau besar, namun secara lebih pastinya nanti akan diperiksa lebih lanjut ketika Admedika sudah menerima berkas atau laporan hasil operasi dari rumah sakit.

Kemudian mengenai operasi untuk mata kanan dan kiri ternyata dicover tidak dalam 1 manfaat melainkan 2 manfaat. Nasabah saya cukup lega mengetahui hal ini, pertama karena kategori bedah sedang atau besar mempunyai limit yang lebih besar, dan pertanggungannya dicover dalam 2 manfaat untuk mata kanan dan kiri.

Kemudian mengenai apakah operasi Katarak dapat dilakukan tanpa rawat inap / one cay dare? jawabannya bisa, namun operasi ini harus dilakukan di Rumah Sakit yang memiliki jaringan dengan Allianz. Awalnya pemeriksaan dilakukan di Klinik Mata Nusantara karena saya merekomendasikan dokter yang bagus yaitu dr. Annette Mariza karena saya punya pengalaman operasi lasik dengan beliau dan menurut saya dokter Annette sangat bagus pelayanannya, sangat profesional, serta sangat detail dalam menjelaskan semua kondisi medis ketika saya akan menjalani operasi lasik. Nasabah saya pun merasa puas dengan penjelasan dr Annette, namun sayang sekali Klinik Mata Nusantara belum bekerja sama dengan Allianz, sehingga jika ingin dilakukan operasi di Klinik Mata Nusantara harus dilakukan dengan cara reimburse.

Karena biaya yang cukup besar dengan range harga operasi antara 20 hingga 40 juta maka nasabah saya akhirnya memutuskan untuk mengganti Rumah Sakit Mata JEC yang sudah bekerja sama dengan Allianz, agar memudahkan klaim asuransi yang bisa dilakukan secara cashless.

Kemudian saya menyarankan kepada nasabah saya bahwa jika pemeriksaan sudah selesai dilakukan dan tanggal operasi sudah ditetapkan, saya menyarankan nasabah saya menghubungi pihak RS untuk mendaftarkan penjaminan ke Admedika beberapa hari sebelum operasi dilakukan. Apa manfaatnya hal ini dilakukan?

Manfaatnya adalah bahwa sebelum operasi dilakukan nasabah dapat mengetahui dengan pasti apakah sesuai dignosa yang diberikan tindakan itu dapat dicover dan jika ada perbedaan kategori pengcoveran kita dapat segera mengajukan tinjau ulang, dengan demikian pada saat operasi selesai dilakukan tidak perlu menunggu waktu lama untuk tinjau ulang lagi.

Seperti inilah peran Agen Asuransi ketika nasabah ingin mengetahui mengenai penjaminan tindakan yang akan dilakukan, sudah menjadi tugas kita untuk menjelaskan atau mengarahkan ke pihak yang lebih kompeten dalam hal ini untuk Asuransi perorangan ditangani oleh Admedika. Sebagai Agen kita tidak boleh merasa direpotkan dengan pertanyaan nasabah karena justru kasus kasus ini akan menambah pengetahuan kita sebagai Agen Asuransi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan saya dapat mengklik tombol Live Chat dan Anda akan terhubung dengan nomor WA saya dan saya akan senang membantu Anda menjelaskan manfaat Asuransi Allianz.

Salam sehat selalu

Anna Wijayanti

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: