Pemasangan Cerebral Shunt

img_1729Ventriculoperitoneal Shunt adalah alat kesehatan yang dipasang untuk mengalirkan kelebihan cairan dari seluruh otak menuju rongga perut untuk mengurangi tekanan di dalam otak. Kondisi ini disebabkan oleh Cairan Serebrospinal berlebih yang membuat perluasan ruang dalam otak menjadi sangat cepat, sehingga memicu tekanan yang tak semestinya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat berujung pada kerusakan otak.

Cairan Serebrospinal adalah komponen yang sangat penting dalam sistem saraf, karena berfungsi menciptakan bantalan bagi jaringan otak, mengangkat nutrisi ke jaringan otak dan mengeluarkan limbah. Cairan ini mengalir di antara tulang belakang dan tengkorak untuk memastikan bahwa volume darah intrakranial dalam kadar yang tepat. Cairan Serebrospinal akan terus diproduksi karena mengalir sepanjang ventrikel, menutrisi permukaan otak dan sumsum tulang belakang. Kemudian, cairan ini keluar melalui bagian dasar otak dan diserap ke dalam aliran darah. Namun, karena kelainan tertentu, aliran dan keseimbangan cairan serebrospinal akan terganggu, sehingga terjadi penumpukan.

Ventriculoperitoneal Shunt direkomendasi bagi pasien yang menderita hidrosefalus. Hidrosefalus adalah keadaan dimana cairan otak atau cairan serebrospinal tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya dan tersumbat. Tindakan yang diperlukan adalah dengan membuat jalan aliran baru (bypass) menuju tempat lain yang steril untuk aliran hidrosefalus. Dengan jalan pemasangan saluran berupa selang antibakterial khusus yang menghubungkan ventrikel otak menuju ruang lapisan dalam perut atau peritoneal. Saluran baru tersebut dialirkan dengan baik ke dalam perut dan kemudian diserap kedalam pembuluh darah otak.

Untuk memastikan bahwa pasien positif terjangkit hidrosefalus, maka perlu dilakukan serangkaian tes, seperti USG, Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau Computed Tomography (CT) scan. Jika telah terbukti mengidap hidrosefalus, maka pasien secepat mungkin dirujuk pada prosedur Ventriculoperitoneal Shunt.

Dengan prosedur operasi, kandungan cairan Serebrospinal berlebih akan dikeluarkan agar volume otak kembali normal. Penting untuk diketahui, prosedur ini tidak mampu memperbaiki kerusakan otak yang telah terjadi. Tujuan utama VP shunt adalah mencegah kerusakan yang lebih parah, yang kemungkinan terjadi bila penanganan medis tidak segera dilakukan.

Terdapat banyak penyebab dari hidrosephalus tergantung kelompok usia. Pada dewasa, penyebab umum termasuk perdarahan dalam ventrikel, infeksi (seperti meningitis), tumor yang menyebabkan obstruksi, dll. Pada anak, biasanya merupakan kondisi bawaan dengan indikasi paling nyata adalah pertumbuhan lingkar kepala yang tidak wajar. Penyebab hidrosefalus belum diketahui secara pasti.

 

Sehubungan dengan pertanggungan CI100 Early Critical Illness :

Pembedahan untuk pemasangan shunt dari ventricle otak untuk mengurangi peningkatan tekanan dalam cairan cerebrospinal. Kebutuhan pemasangan shunt harus dinyatakan oleh dokter spesialis sebagai pembedahan yang diperlukan secara medis

 

semoga bermanfaat

Anna Wijayanti

087775071705 / mytapro@gmail.com

 

sumber : berbagai penelusuran google

Advertisements

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Critical Ilness 100 | Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: