Pemasangan Alat Pacu Jantung

img_1726Alat pacu jantung (pacemaker) adalah sebuah alat kecil dengan tenaga baterai yang dapat bertahan hingga 5 sampai 10 tahun, yang dipasang dibawah kulit dekat jantung Anda untuk membantu mengontrol detak jantung Anda.

Pemasangan alat pacu Jantung di rekomendasikan bagi pasien yang memiliki masalah jantung, terutama untuk suatu kondisi yang disebut sebagai aritmia, yaitu kondisi irama jantung yang tidak normal. Irama jantung yang tidak normal, misalnya berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat bisa menimbulkan beragam gejala seperti, pingsan, pusing ringan, nafas pendek, dan mudah lelah.

Kenapa perlu dipasang alat pacu jantung?
Kondisi jantung yang tidak normal bisa disebabkan dari beberapa hal misalnya, proses penuaan jantung yang normal dapat mengganggu irama jantung Anda, membuatnya berdetak terlalu lambat. Rusaknya otot jantung akibat dari serangan jantung merupakan penyebab lain tersering yang dapat mengganggu irama jantung Anda. Beberapa obat juga dapat mempengaruhi irama jantung Anda. Pada beberapa orang, kondisi bawaan (genetik) dapat menyebabkan denyut jantung yang tidak normal. Apapun alasannya, sebuah alat pacu jantung dapat menjadi solusi untuk memperbaikinya.

Bagaimana cara kerja alat pacu jantung?

Sebuah alat pacu jantung elektronik yang telah dipasang akan menyerupai kerja pacu jantung alamiah Anda. Alat pacu jantung yang ditanam terdiri dari dua bagian yaitu:

  • Pembangkit detak. Benda metal kecil ini menggunakan batere dan sirkuit listrik yang mengatur kecepatan aliran listrik yang dikirimkan ke jantung Anda.
  • Sadapan. Kabel yang fleksibel dan terisolasi ini mengantarkan aliran listrik ke jantung Anda.
    Alat pacu jantung memantau denyut jantung Anda, dan apabila terlalu lambat, alat pacu jantung akan mempercepat pengiriman sinyal listrik ke jantung Anda.

Alat pacu jantung merupakan terapi standar untuk berbagai kondisi yang mempengaruhi sistem listrik jantung Anda. Dengan mencegah denyut jantung lambat, alat pacu jantung dapat mengobati berbagai gejala seperti kelelahan, rasa melayang, dan pingsan.Karena sebagian besar alat pacu jantung masa kini dapat mengatur denyut jantung Anda secara otomatis dengan tingkat aktivitas fisik Anda, sehingga Anda dapat melanjutkan gaya hidup yang lebih aktif.

Sehubungan dengan Pertanggungan  CI 100 Early Critical Illness :

Pemasangan alat pacu jantung diperlukan karena aritmia jantung yang tidak dapat diterapi dengan cara lain. Pemasangan alat pacu jantung harus dinyatakan oleh dokter spesialis jantung sebagai hal yang diperlukan secara medis.

 

Semoga bermanfaat,

Anna Wijayanti

087775071705 / mytapro@gmail.com

 

sumber : berbagai penelusuran google

Advertisements

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: