Bagaimana Cara Menjadi Agen Asuransi?

image.jpegMenjadi agen asuransi itu gampang. Tinggal isi form keagenan dan ujian AAJI selesai.
Tapi menjalankannya atau menjadi agen yang sukses itu tidak mudah. Bagi saya profesi menjadi agen tidak hanya mampu menjual produknya saja. Kita dituntut untuk benar benar memahami manfaat dari asuransi yang kita jual untuk selanjutnya melakukan pelayanan dengan baik atas klaim klaim nasabah yang timbul di masa mendatang. Singkatnya profesi ini adalah profesi yang menuntut pelayanan seumur hidup anda.

Bagi saya ini bukan suatu kendala dan justru menjadi tantangan. Kemauan keras dari dalam hati mendorong saya melakukan berbagai usaha bagaimana untuk mengatasi kesulitan yang saya hadapi.

Sama seperti agen baru lainnya, awal mula menjadi agen saya juga merasakan keraguan akan 2 hal ini:
1. Bagaimana saya bisa mencari nasabah

2. Bagaimana cara mendapatkan kepercayaan nasabah?

Menjawab keraguan saya yang pertama, sangat beruntung sekali saya menemukan leader saya Bapak Asep Sopyan. Saya tertarik menjadi agennya karena beliau mempunyai cara pemasaran yang efektif dan efisien yaitu melalui blog. Sangat cocok bagi saya yang mempunyai keterbatasan waktu karena mempunyai jabatan lain yaitu sebagai manager rumah tangga, yang bertanggung jawab untuk mengurus rumah dan terlebih membesarkan anak saya.
Setelah mendaftar mulailah saya belajar membuat artikel dan ternyata hal ini membuahkan hasil yang baik. Dalam satu tahun pertama saya menjadi agen asuransi pemasaran online ini banyak memberikan kontribusi dalam profesi yang saya jalani ini.
Mengenai keraguan kedua saya, yaitu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan nasabah? terjawab seiring dengan berjalannya waktu saya menjalani profesi ini, bisa saya simpulkan:

“Bagaimana kita mendapat kepercayaan nasabah tergantung seberapa besar kepercayaan kita kepada Allianz dan produk yang dimilikinya”

Percaya kepada manfaat produk dan kredibilitas Allianz sebagai perusahaan asuransi terbesar di dunia merupakan modal utama saya dalam menjalankan profesi ini.

Awal ketertarikan saya menjalani profesi ini adalah ketika saya beli produknya saya tanya dengan sangat detail sampai saya benar benar mengerti produknya dan akhirnya saya tahu produk ini bagus dan harus dimiliki banyak orang.
Selanjutnya saya pun senang membagikan manfaat produk ini kepada orang lain terlepas orang itu mau membeli manfaatnya atau tidak. Yang penting saya sudah menjalankan tugas saya. Mengapa demikian? karena banyak orang yang belum tahu apa sebenarnya fungsi asuransi jiwa?

catatan, seorang penjual hanya akan sukses jika dia menyukai produk yang dia tawarkan kepada orang lain.

Bagaimana cara menjadi agen Allianz?

Ini satu pertanyaan yang belakangan cukup sering saya terima, sekaligus paling saya tunggu. Kenapa? Karena dengan semakin banyaknya agen asuransi, semakin banyak pula masyarakat yang terlindungi keuangannya.

Tapi karena tidak setiap orang cocok dengan bisnis ini, izinkan saya melakukan seleksi, sebagaimana setiap bidang pekerjaan ada seleksinya.

Kualifikasi yang Diharapkan

Pada dasarnya siapa pun dapat mendaftar sebagai agen Allianz di tim saya, yang penting punya keberanian untuk menghubungi orang lain dan mau belajar.

Beberapa hal yang perlu direnungkan sebelum anda memutuskan untuk menjadi agen asuransi:

1. Yakinkan diri sendiri bahwa anda benar benar ingin menjalani profesi sebagai agen asuransi
2. Punya kemauan yang kuat untuk berusaha, punya keberanian menghubungi beberapa orang setiap hari untuk menawarkan asuransi dan siap menghadapi banyak penolakan seperti dicuekin dan di PHP in.
3. Timbul minat dalam hati untuk membantu orang terhindar dari kesulitan keuangan ketika menghadapi risiko hidup yang membutuhkan biaya yang sangat besar yaitu penyakit kritis.
4. Bekerja dengan sepenuh hati. Lakukan hal ini maka akan membuat anda menyukai pekerjaan anda dan bila anda menyukai pekerjaan anda akan timbul usaha atau ide ide kreatif bagaimana menjalankannya.
5.Tanggung jawab seumur hidup polis nasabah. Memutuskan menjadi agen berarti siap untuk mengambil tanggung jawab melayani nasabah seumur hidup polisnya. Selalu siap membantu komplain dan klaim nasabah.
6. Mau belajar. Banyak membaca sebanyak mungkin tentang Allianz dan produknya serta menghadiri pertemuan pertemuan atau training yang diselenggarakan oleh kantor kantor keagenan.

Yakinkan terlebih dahulu beberapa hal diatas sebelum anda mendaftar sebagai agen asuransi. Pelajari lebih lanjut tentang peluang bisnis ini. Sumber-sumbernya banyak tersedia di internet. Jika masih ragu, akan lebih baik jika anda menyempatkan diri datang ke acara semacam seminar peluang bisnis yang diadakan secara rutin di kantor-kantor keagenan terdekat. Gratis.

Jika anda berminat untuk melakukan pemasaran secara online, yaitu melalui internet atau blog seperti saya. Saya akan dengan senang hati membantu anda, namun disertai beberapa kualifikasi tambahan berikut ini :
1. Rajin membaca
2. Bisa menulis, atau mau mempelajarinya
3. Akrab dengan dunia internet (mesin pencari, email, blog/web, dan semacamnya)

Dan demi kelancaran kerja kita ke depan, saya berharap calon agen di tim saya telah memiliki modal awal sebagai berikut:
1. Memiliki kendaraan sendiri (syarat standar seorang sales di mana pun).
2. Memiliki komputer atau laptop (untuk membuat proposal ilustrasi produk).
3. Paham menggunakan internet
4. Mampu belajar mandiri dengan membaca dan tidak keberatan melakukan konsultasi jarak jauh via WA, BBM, SMS, telepon, atau email.

Terus-terang, menjadi agen asuransi yang sukses itu tidak mudah, dan tidak semua orang siap melayani orang-orang lainnya dengan sepenuh hati. Jika anda memiliki kesiapan hati untuk berjuang di bisnis ini, silakan dilanjutkan dengan persyaratan administratif dibawah ini.

Persyaratan Administratif

1. Mengisi Form Aplikasi Agen, dengan melampirkan:

a. Fotokopi KTP (2 lembar)

b. Pas foto warna ukuran 3×4 (2 lembar)

c. Fotokopi buku tabungan (1 lembar)

d. Fotokopi NPWP (1 lembar)

e. Bukti transfer biaya ujian lisensi AAJI sebesar 225 ribu (online, Jakarta) atau 250 ribu (paper, luar Jakarta).

2. Mendaftarkan satu polis Tapro.

Jika anda belum tahu apa itu Tapro, silakan dibaca di SINI. Anda dapat berdiskusi dulu dengan saya untuk memperdalam pengetahuan produknya.

3. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.

Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 2-3 minggu. Sambil menunggu, anda bisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI dan materi-materi lainnya.
Jika anda benar benar ingin menjadi seorang agen asuransi, anda bisa mempelajari produk asuransinya terlebih dahulu. Bila anda merasa produk ini baik untuk anda, maka anda akan memiliki produk tsb, sehingga anda pun akan senang menawarkannya kepada orang lain. Ini adalah modal utama anda, salam sukses selalu.

 

 

Demikian, semoga bermanfaat

Anna Wijayanti

087775071705 / 5C924133

 

Advertisements

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: