Gaya Hidup Mempengaruhi Kesadaran Berasuransi

img_1863Anak muda seperti juga dulu saya ketika mendengar premi asuransi 500 ribu per bulan  langsung saja yang saya bayangkan adalah baju atau tas model terbaru di Mall untuk menambah koleksi saya. Ketika pendapatan belum terlalu besar Asuransi pastilah menjadi kebutuhan nomor ke sekian. Ya, saya merasakan sendiri bahwa kebutuhan akan gaya hidup mempengaruhi kesadaran saya untuk berasuransi.

Usia muda bisa digolongkan dalam usia konsumtif. Masih sehat, belum menikah dan belum memiliki tanggungan, saat yang tepat untuk menikmati kehidupan dengan lifestyle terbaru atau istilah kerennya “kekinian”.

Beragam mode baju, tas, jam dan juga gadget terbaru seringkali membuat orang terlena, sehingga kurang memahami pentingnya berasuransi. Kebanyakan orang-orang pada usia muda merasa tidak butuh asuransi karena merasa masih muda dan sehat, namun justru pandangan ini keliru. Karena membeli asuransi sejak usia muda mendapatkan banyak keuntungan diantaranya:

1. Premi lebih murah

2. Masih sehat sehingga terhindar dari pengecualian-pengecualian polis akibat menderita sakit tertentu

3. Terlindungi sejak dini, artinya tidak terlambat jika musibah terjadi karena penyakit dan kematian tidak memandang usia.

Ada nasabah saya yang sejak muda sudah memiliki asuransi namun jumlahnya sangat sedikit sekali. Kebanyakan nasabah saya yang membeli Polis Asuransi adalah keluarga yang sudah menikah dan memiliki anak. Termasuk saya sendiri, kebutuhan asuransi bagi saya timbul ketika saya sudah berkeluarga.

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan saya membeli Polis Asuransi, yang pertama kesadaran akan mahalnya biaya perawatan rumah sakit dan yang kedua adalah meninggalkan warisan untuk anak saya.

Mengapa saya perlu meninggalkan warisan untuk anak saya? Karena kesadaran bahwa musibah (penyakit dan kematian) bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin dan juga karena pemenuhan kebutuhan agar anak saya bisa bertahan hidup apabila musibah itu terjadi belum bisa saya penuhi. Anak anak memerlukan nafkah dari orang tua untuk memenuhi kebutuhannya mulai dari makanan, pakaian, pernaungan, pendidikan dan juga kebutuhan-kebutuhan lainnya. Dengan memiliki Polis Asuransi Jiwa kekhawatiran akan terhentinya kemampuan orang tua mencari nafkah akibat penyakit atau kematian otomatis dapat meringankan beban ekonomi keluarga yang timbul akibat musibah yang terjadi. Polis Asuransi Jiwa merupakan satu-satunya cara tercepat menyiapkan warisan untuk keluarga anda dengan menyicilnya setiap bulan.

Mengenai kebutuhan biaya rumah sakit sepertinya sudah tidak perlu lagi saya jelaskan, semua orang tahu biaya pengobatan rumah sakit terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dengan memiliki askes rawat inap dan juga Asuransi Penyakit Kritis kita terhindar dari kebutuhan dana mendadak ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Mengenai semua perlindungan ini ada biaya yang harus dibayar atas semua manfaat yang nanti mungkin akan kita dapatkan atau bisa juga tidak (kecuali manfaat Asuransi Jiwa yaitu warisan untuk keluarga tercinta karena kita semua pasti akan mengalami kematian). Lalu apakah kita akan merasa rugi atas premi yang sudah kita bayarkan?

Membeli Polis Asuransi mempunyai perspektif terbalik dengan membeli sebuah barang. Saat kita membeli sebuah tas atau baju atau barang lainnya saat itu juga kita merasa puas karena kita mendapatkan barang yang nilainya setara dengan uang yang telah kita keluarkan. Namun saat membeli asuransi tidak ada kepuasan apa-apa yang kita dapatkan, tapi saya menganggap ini sebagai kebutuhan saya yang manfaatnya akan saya nikmati nanti jika dibutuhkan. Tentu kita semua akan lebih senang jika diberi kesehatan yang baik oleh Yang Maha Kuasa. Jika anda  bisa menganggap Asuransi sebagai suatu kebutuhan, kita tidak akan pernah merasa rugi jika kita tidak mendapatkan manfaatnya. Sama saja seperti membeli sebuah tas atau baju baru yang beberapa tahun kemudian akan dibuang jika sudah usang.

Mulailah berasuransi sejak dini, prioritaskan asuransi dalam kebutuhan hidup Anda sejak masih muda dan sehat karena Asuransi hanya bisa dibeli saat TIDAK dibutuhkan, itulah uniknya Asuransi,

 

Semoga bermanfaat,

 

Anna Wijayanti

mytapro@gmail.com

087775071707

Advertisements

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: